7 Perawatan Keramik Dinding Kamar Mandi agar Tetap Kinclong

Keramik dinding kamar mandi rentan berkerak karena kelembaban yang tinggi. Jika tidak rutin dibersihkan akan menjadi sarang bakteri dan kuman. Tentu hal ini tidak ingin kamu alami, bukan?

Nah, keramik pada kamar mandi pada dasarnya mudah dibersihkan bila menggunakan bahan yang tepat. Kotoran yang berkerak atau bau tidak sedap bisa langsung hilang mulai dari sekali perawatan.

Yuk simak dulu 7 perawatan keramik dinding kamar mandi baik dengan bahan alami maupun kimia yang aman di bawah ini!

Membersihkan keramik dinding kamar mandi

Manfaatkan Perasan Lemon

Lemon memiliki aroma yang menyegarkan sehingga bisa dijadikan pengharum ruangan. Dalam air lemon terdapat kandungan asam yang tinggi. Untuk menggunakan perasan lemon saat membersihkan keramik dinding kamar mandi bisa mengikuti langkah berikut :

  • Ambil 2 buah lemon lalu peras untuk diambil sarinya
  • Isi botol spray dengan sari lemon lalu semprotkan ke dinding
  • Gunakan spons basah untuk menggosok dinding
  • Bersihkan hingga ke bagian nat dinding lalu bilas ubin
  • Cara membilasnya dengan mencelupkan spons ke air hangat lalu usap ke keramik

Gunakan Asam Sitrat

Selain perasan lemon, kamu bisa menggunakan asam sitrat. Bahan ini merupakan senyawa asam yang terbuat dari fermentasi gula berbasis jamur atau dari buah jamur. Keunggulan dari asam sitrat adalah mampu membunuh lumut, jamur ataupun bakteri.

Kandungan ini juga sering ditemukan dalam cairan pembersih ataupun perawatan pribadi. Sebaiknya gunakan sarung tangan karet dan masker ketika membersihkan keramik saat memakai bahan ini.

Jika terkena kulit mampu membuat luka bakar dan gejala perih hingga nyeri. Asam nitrat memiliki sifat korosif sehingga mampu membuat kulit mengelupas. Dalam pemakaiannya taburkan asam nitrat ke bagian yang berkerak.

Ambil sikat gigi bekas untuk menghilangkan kerak yang menempel. Setelah itu siram dengan air hangat hingga bersih.

Pakai Cuka

Keramik dinding bisa pula dibersihkan dengan cuka. Cuka merupakan bahan dapur yang mudah didapat dan harganya terjangkau. Sayangnya, aroma cuka lumayan menyengat.

Pengaplikasian cuka sebagai pembersih keramik pada dasarnya sama dengan perasan lemon. Kamu perlu menyiapkan wadah untuk menampung cuka. Semprotkan cairan cuka ke bagian keramik lalu gosok.

Celah-celah kecil dapat dijangkau dengan sikat gigi. Apalagi bulu sikat bertekstur lembut sehingga tidak meninggalkan goresan pada ubin. Setelah disemprot cuka, sebaiknya diamkan beberapa menit agar cuka bekerja melunturkan kotoran.

Setelah itu gosok dengan gerakan searah merujuk ke lantai kamar mandi. Siram dengan air bersih beberapa kali.

Bersihkan dengan Baking Soda

Baking soda juga ampuh membersihkan kerak pada ubin kamar mandi. Bahan ini bisa pula digunakan membersihkan keramik dari bahan batu alam. Cara pengaplikasiannya adalah sebagai berikut :

  • Sediakan 90 gram baking soda, 63 mm hydrogen peroksida dan 1 sdt sabun cuci piring
  • Kocok lalu tuang dalam botol spray
  • Semprotkan pada dinding kamar mandi dan diamkan selama 10 menit
  • Usap dengan kain basah lalu siram memakai air bersih hingga bersih

Jika bahan ubin dari batu alam gunakan saja campuran baking soda dan air. Penggunaan bahan hidrogen peroksida hanya untuk keramik biasa.

Baca Juga:

Siram dengan Air Kapur

Air kapur tidak hanya mampu menurunkan suhu pemuaian panas namun membersihkan kotoran pada ubin. Khususnya untuk keramik yang sudah berlumut dan sulit untuk dihilangkan. Siapkan campuran air kapur hingga mengendap.

Pertama-tama siram dinding kamar mandi dengan air bersih. Setelah itu semprotkan air kapur pada dinding. Diamkan beberapa jam atau sehari semalam agar proses korosi terjadi.

Ambil sikat gigi untuk menggosok ubin hingga bersih. Bersihkan hingga lumut luntur lalu bilas dengan air bersih. 

Fungsikan Steam Cleaning

Cara kerja steam cleaning adalah memanaskan air hingga suhu tertentu hingga memproduksi uap panas. Uap inilah yang digunakan untuk membersihkan debu pada permukaan keramik.  Bersihkan dulu keramik dengan air biasa setelah itu tempelkan kepala sikat pada gagang steamer.

Gosok ubin dengan perlahan hingga kotorannya lepas. Setelah itu lap dengan kain microfiber hingga bersih. Keunggulan steam cleaning  adalah mampu membunuh bakteri dan lebih higienis. Kamu juga bisa menggunakan alat ini untuk lantai hingga furniture.

Cuci dengan Cairan Pemutih

Terakhir, gunakan cairan pemutih untuk membersihkan keramik dinding. Dalam pemakaiannya jangan sampai terkena kulit karena bisa menimbulkan iritasi. Cara pengaplikasiannya bisa mengikuti langkah berikut ini :

  • Siapkan pemutih dan air dengan perbandingan 1 : 3 lalu kocok hingga tercampur rata
  • Tuang dalam botol semprot lalu semprotkan ke dinding kamar mandi yang kotor
  • Diamkan dulu beberapa menit baru digosok dengan kain atau spons
  • Bilas dengan air hangat agar kotoran luntur menyeluruh

Untuk mencegah lumut ataupun kerak pada keramik kamar mandi, sebaiknya bersihkan secara rutin. Hindari kotoran atau sisa sabun menempel di dinding agar tidak menimbulkan kerak. Jangan lupa bersihkan nat keramik dinding.


Sumber :

https://hyprowira.com/blog/steam-cleaner

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/25/185700976/mengenal-asam-sitrat-pembersih-serbaguna-untuk-peralatan-rumah-tangga?page=all

https://artikel.rumah123.com/6-cara-membersihkan-dinding-keramik-kamar-mandi-dari-kerak-dan-lumut-dengan-praktis-110355

https://www.pinhome.id/pinhome-home-service/insight/cara-membersihkan-dinding-keramik-kamar-mandi/#Gunakan_Perasan_Lemon

https://www.centroceramic.com/5-tips-merawat-keramik-batu-alam-pada-lantai-dinding/

Leave a Comment