7 Inspirasi Desain Rumah di Lahan Sempit dan Terbatas

Kamu ingin membangun rumah, tetapi ternyata lahannya terbatas? Tenang saja karena kini sudah banyak solusi untuk permasalahan tersebut.

Hal ini karena membangun sebuah hunian juga bisa dilakukan di lahan yang sempit dan terbatas, asalkan kamu memperhatikan hal-hal penting yang dapat mendukungnya.

Dekorasi rumah di lahan terbatas ini bahkan menjadi tren yang tidak bisa disepelekan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya model-model rumah minimalis di lahan yang terbatas.

Namun, fungsi dari rumah tersebut tetap dapat dirasakan oleh para penghuninya sehingga sangat cocok untuk dimiliki. Simak beberapa inspirasi untuk dekorasi rumah mungil di bawah ini!

1. Rumah Mungil Berukuran 4x4x6

Rumah Mungil

Inspirasi pertama untuk rumah minimalis yang dibangun di lahan terbatas adalah Rumah 4x4x6 yang terletak di Bandung. Gambaran yang diberikan oleh rumah ini adalah eksplorasi pengalaman hidup di lingkungan padat penduduk.

Rumah ini juga memungkinkan untuk memberikan koneksi visual dan juga interaksi melalui rumah tanpa dinding. Luas area yang dibutuhkan untuk membangun rumah ini adalah 45 meter persegi dengan tiga tingkat.

Rumah ini sangat dominan dengan unfinished material dan warna putih. Tidak hanya itu, ruang tamu yang fleksibel dan pencahayaan maksimal yang dimilikinya makin membuat rumah ini menjadi menawan.

2. Rumah Slender House

Rumah Slender House

Inspirasi selanjutnya berasal dari negara Jepang, dengan nama Slender House. Rumah rancangan arsitek Kouichi Kimura ini sudah terkenal dengan desain minimalisnya dan juga sangat ramah untuk lahan yang terbatas.

Desain yang ditawarkan oleh rumah ini adalah mengedepankan fungsionalitas, privasi, cahaya alami, dan juga luasnya. Kamu dapat menjadikannya sebagai inspirasi jika ingin membangun rumah di lahan yang tidak terlalu luas.

3. Rumah Minimalis Modern dengan Sentuhan Kayu

Rumah Minimalis Modern dengan Sentuhan Kayu

Lahan yang tidak terlalu luas juga dapat dibangun sebuah rumah konsep modern dengan sentuhan kayu yang kini sangat diminati banyak masyarakat. Rumah dengan model ini akan memberikan kesan baru sehingga tidak terlalu monoton.

Sentuhan kayu tersebut dapat kamu aplikasikan pada jendela ataupun pada pagar rumah. Jendela berbahan kayu menimbulkan kesan alami. Selanjutnya, pagar sederhana juga mampu memberikan privasi pada penghuninya meskipun menggunakan pagar yang rendah.

4. Rumah Minimalis Modern 2 Lantai

Rumah Minimalis Modern 2 Lantai

Inspirasi dekorasi lainnya untuk rumah minimalis di lahan yang tidak terlalu luas adalah rumah minimalis modern 2 lantai. Lahan yang sempit memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat membangun rumah 2 lantai.

Kemudian, tambahkan kesan minimalis dengan menjadikan warna putih sebagai warna utama. Dengan begitu, rumah akan terlihat lebih luas meskipun bertempat di lahan terbatas.

5. Rumah Model Industrial

Rumah Industrial Kontemporer

Rekomendasi model rumah untuk lahan yang sempit selanjutnya adalah rumah model industrial. Privasi para penghuni rumah akan selalu terjaga karena minimnya bukaan pada eksterior rumah tersebut.

Efeknya, penggunaan ruangan pun menjadi lebih efektif. Model rumah ini biasanya identik dengan dinding rumah yang memiliki konsep unfinished.

6. Rumah Kontemporer Minimalis

rumah kontemporer minimalis

Bentuk rumah kontemporer minimalis juga sangat cocok jika dibangun pada lahan sempit. Model rumah ini memiliki konsep terbuka sehingga terkesan luas. Untuk itu, jika kamu ingin membuatnya tetap merasa lega, hadirkanlah langit-langit yang tinggi pada rumah dengan model tersebut.

7. Rumah Tropis Modern

Rumah Tropis Modern

Inspirasi untuk dekorasi rumah yang terakhir adalah rumah dengan nuansa tropis dan modern. Rumah ini memungkinkan kamu untuk dapat merasakan hunian seperti vila mewah di Bali.

Tidak hanya itu, jika kamu menambahkan detail ukiran khas Bali di setiap sudut rumah, suasananya pun akan benar-benar terasa nyaman. Jangan lupa pula untuk menambahkan beberapa tanaman agar hunian menjadi lebih asri.

Dengan begitu, sirkulasi udara akan selalu lancar dan para penghuni pun menjadi sehat setiap saat. Itulah beberapa inspirasi untuk dekorasi rumah di lahan yang sempit.

Dapat disimpulkan bahwa memiliki sebuah hunian tidak dibatasi oleh lahan yang pas-pasan karena semuanya dapat diakali dengan beberapa inspirasi rumah minimalis sesuai rekomendasi di atas.

Leave a Comment