Ini 5 Manfaat Rekening Koran! Bisa untuk KPR

Rekening Koran Bisa Untuk KPR? Tentu Bisa. Yuk, Kita Simak Manfaat Rekening Koran dan Beberapa Fungsi Penting Lainnya.

Berbeda dengan mutasi rekening yang mencatat pemasukan dan pengeluaran saja, rekening jenis ini merupakan catatan transaksi keuangan secara keseluruhan dari sebuah rekening bank milik perseorangan ataupun perusahaan.

Dari riwayat transaksi ini, nasabah dapat mengetahui beberapa informasi penting seputar data rekening, seperti saldo di awal dan akhir bulan, mutasi kredit dan debit, juga tanggal dan jam transaksi berlangsung.

Tahukah kamu? Bahwa mengetahui catatan transaksi rekening secara menyeluruh memiliki cukup banyak fungsi. Yuk, kita simak artikel berikut ini!

Fungsi Penting dari Rekening Koran

Fungsi Penting dari Rekening Koran

Mencetak rekening tabungan biasa mungkin hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Akan tetapi, berbeda dengan rekening koran, mencetak riwayat transaksi rekening dengan jenis ini membutuhkan waktu sedikit lebih lama dalam prosesnya.

Pasalnya, nasabah akan melewati prosedur yang cukup panjang dan memakan waktu. Salah satunya adalah meminta tanda tangan dan stempel dari pihak pejabat tertinggi di bank tempat kita membuka rekening.

Selain itu, nasabah juga diminta untuk menyiapkan dokumen-dokumen khusus, seperti KTP, buku tabungan, dan kartu ATM. Tidak lupa biaya cetak yang dapat dibayar tunai maupun dipotong dari saldo tabungan.

Nah, dengan segala kerumitan proses di atas, rekening ini rupanya memiliki banyak fungsi penting bagi nasabahnya. Apa saja?

1. Pembuatan VISA Perjalanan

Buat kamu yang berencana berlibur ke luar negeri dalam waktu dekat, kamu tentu memerlukan paspor dan VISA. Namun tahukah kamu bagaimana cara mendapatkannya?

Dalam proses pembuatannya, VISA memerlukan dokumen-dokumen pribadi seperti KTP atau paspor, surat rekomendasi, surat pemberitahuan pajak penghasilan, Surat Pajak Bumi dan Bangunan (SPBB), slip gaji, dan riwayat daftar transaksi bank kamu selama 3 sampai 6 bulan terakhir.

Riwayat rekening ini diperlukan untuk mengukur kondisi finansial pemohon sehingga pihak kedutaan bisa memutuskan untuk menyetujui atau menolak permohonan VISA yang bersangkutan.

2. Pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Selain pembuatan visa, kamu perlu mencetak rekening koran untuk mengajukan KPR. Ya, pada dasarnya, riwayat transaksi bank 3 bulan terakhir merupakan salah satu syarat pengajuan kredit pemilikan rumah.

Hal ini tentu berguna sebagai tolok ukur calon pemberi kredit bahwa kamu mampu bertanggung jawab dalam pelunasan utang nantinya. Makin baik riwayat rekeningmu, makin besar kemungkinan pengajuan KPR disetujui oleh pihak bank.

3. Keikutsertaan dalam Pelelangan

Jika kamu ikut serta dalam sebuah pelelangan yang diadakan oleh lembaga pemerintahan maupun swasta, ada baiknya kamu mencetak transaksi rekening secara keseluruhan selama 3 sampai 6 bulan terakhir.

Hal ini diperlukan untuk mengetahui jumlah dana yang kamu miliki sehingga kamu bisa mengikuti pelelangan. Akan tetapi, kamu juga perlu berhati-hati dalam melakukan pelelangan. Pasalnya, tidak sedikit oknum yang berniat melakukan kejahatan dengan pelelangan ilegal.

4. Sebagai Laporan Keuangan Perusahaan

Dalam menjalankan bisnis, semua perusahaan wajib melaporkan kondisi keuangan, baik transaksi pendapatan maupun pengeluaran.

Oleh sebab itu, tidak heran jika memanfaatkan rekening Jenis Ini menjadi salah satu opsi penting dalam hal ini, apalagi informasi yang didapat sangat lengkap dibanding mutasi rekening biasa.

Selain itu, fungsi penting lainnya bagi perusahaan ialah untuk mengetahui kemungkinan-kemungkinan transaksi tidak wajar sehingga tim manajemen dapat dengan mudah memprosesnya ke jalur hukum.

5. Salah Satu Bukti Hukum yang Akurat

Pernah menjumpai kasus hukum yang berkaitan dengan transaksi keuangan? Akhir-akhir ini banyak oknum yang berniat melakukan kejahatan dengan berbagai alasan.

Salah satu kasus kini marak terjadi ialah aksi penipuan transaksi jual beli secara online. Penjual mengaku belum menerima uang dari pembeli, padahal sudah ditransfer.

Sebaliknya, pembeli mengaku sudah mengirimkan uang, tetapi saldo penjual belum bertambah. Kondisi seperti ini bisa diselesaikan melalui rekening koran.

Pengecekan riwayat transaksi secara menyeluruh dapat membantu menyimpulkan apakah kamu sedang menjadi target penipuan atau tidak.

Meski permintaan cetak sudah jarang karena bisa diakses secara online, ada beberapa keadaan yang masih mengharuskan kita untuk mengajukan permohonan cetak riwayat transaksi secara langsung.

Untuk cara mencetaknya, setiap bank memiliki persyaratan dan ketentuan biayanya masing-masing. Jadi, kamu juga perlu tahu ketentuan yang berlaku sesuai bank terkait.

Sudah tahukan sedikit ulasan mengenai fungsi dan manfaatnya? Semoga membantu dan menambah wawasanmu, ya!

Leave a Comment