5 Tips Menata Ruang Makan Agar Terlihat Cantik dan Nyaman

Ruang makan adalah area berkumpul keluarga dan tamu untuk menikmati jamuan makan bersama. Agar terlihat cantik dan nyaman, diperlukan perhatian serius mulai dari teknik dekorasi hingga pemilihan furnitur. Secara spesifik, simak 5 tips berikut ini.

1. Memilih Warna Cat Dinding

Pemilihan warna cat dinding sangat mempengaruhi kenyamanan ruang makan. Pilihlah warna-warna yang bisa membangkitkan selera makan, seperti kuning atau jingga.

Namun, jika kamu tidak terlalu menyukai warna cerah, kamu bisa memilih cat bernuansa tenang, seperti abu-abu atau krem.

Untuk pengaplikasian kombinasi cat berwarna cerah dan netral bisa dilakukan di satu atau dua sisi dinding. Metode pengecatan seperti ini akan mempercantik suasana ruangan makan.

Beberapa kombinasi cat yang bisa dipilih, antara lain warna putih dan abu-abu, hijau dan biru, hitam dan putih, biru muda dan biru tua, coklat kayu dan putih, biru keabuan dan putih, warna tembaga dan ungu muda, serta kuning dan merah muda.

2. Memilih Material yang Tepat

ruang makan konsep material ekspos

Kenyamanan ruang makan juga dipengaruhi pemilihan material yang tepat. Belakangan ini konsep material ekspos sedang menjadi tren. Ini merupakan teknik desain yang menonjolkan tampilan bangunan seolah belum selesai atau tanpa finishing.

Salah satu contoh, yaitu dinding susunan bata polos tanpa lapisan campuran semen. Kamu bisa menerapkan konsep dinding bata ini di ruangan makan. Desain ini akan menghasilkan kesan unik dan cantik.

Di sisi lain, penerapan konsep material ekspos memerlukan perawatan khusus. Pastikan kamu bisa melakukannya dengan baik.

Pasalnya, jika tidak dirawat dengan benar,  dinding bata sangat berpotensi menghasilkan luruhan pasir dari campuran perekat bata yang bisa mengganggu kenyamananmu.

Jika material ekspos terlalu merepotkan, kamu bisa memilih material kayu untuk ruangan makan. Kombinasikan dengan meja makan atau kursi dari bahan kayu untuk menghasilkan perpaduan yang sempurna.

Elemen kayu selalu ampuh menghadirkan kesan alami yang nyaman di dalam ruangan. Termasuk furniture dari material kayu yang mengisi dapur minimalis.

3. Mengatur Pencahayaan

lampu gantung ruang makan

Ruang makan dengan pencahayaan yang baik sangat mempengaruhi kenyamanan penggunanya. Untuk itu, pencahayaan harus masuk dalam skala prioritas.

Anda bisa menempatkan lampu gantung tepat di atas meja makan dengan pencahayaan berwarna kekuningan. Selain bisa membangkitkan selera makan, cahaya kuning dari lampu bisa menghadirkan kesan hangat sekaligus nyaman.

Kombinasi cahaya putih dari lampu di sisi-sisi ruangan dan cahaya kuning di tengah meja makan menjadi perpaduan yang sempurna untuk mempercantik ruangan makan secara keseluruhan.

4. Memilih Meja dan Kursi

meja kursi makan

Meja makan adalah etalase penting sebuah ruang makan. Memilih meja makan yang tepat akan menambah keindahan. Sesuaikan bentuk dan ukuran meja dengan luas ruangan.

Sebagai tips, untuk ruangan makan berukuran besar, Anda bisa gunakan meja berbentuk persegi panjang. Sedangkan untuk ruangan berukuran minimalis, penggunaan meja makan berbentuk bulan lebih direkomendasikan.

Memilih kursi harus menyesuaikan jumlah anggota keluarga. Untuk keluarga kecil, cukup gunakan kursi satuan saja. Tetapi jika Anda sering menggelar jamuan makan keluarga besar, sebaiknya pilih kursi makan berbentuk memanjang.

Terkait pemilihan jenis material meja dan kursi, sesuaikan dengan desain ruangan. Gunakan meja dan kursi dari bahan kayu untuk ruangan yang mengusung konsep alami.

Sementara untuk ruangan desain minimalis modern, Anda bisa memilih meja kaca. Material kaca bisa menghadirkan kesan mewah dan elegan pada ruangan.

5. Dekorasi Dinding Ruangan dan Meja Makan

Ruang makan yang cantik pasti ditunjang dekorasi dinding ruangan yang cantik pula. Tersedia beberapa jenis dekorasi dinding yang bisa Anda pilih. Yang pertama, koleksi foto keluarga.

Anda bisa menempatkan foto-foto keluarga yang telah dibingkai dengan warna senada dan digantung di dinding ruangan makan. Pilihlah kombinasi warna hitam pada bingkai dan abu-abu pada dinding ruangan agar terlihat cantik dan serasi.

Lukisan juga bisa dimanfaatkan sebagai dekorasi dinding ruangan makan. Anda bisa manfaatkan lukisan besar yang dibingkai dan digantung di satu sisi dinding.

Lukisan bertema makanan efektif menambah selera makan. Anda juga bisa gunakan lukisan pemandangan untuk relaksasi mata. Mural termasuk dekorasi dinding ruangan yang disukai saat ini.

Banyak tema mural yang bisa Anda pilih untuk mempercantik ruangan makan. Yang terakhir, Anda bisa manfaatkan berbagai kerajinan tangan unik untuk dekorasi dinding ruangan makan keluarga.

Di berbagai toko pernak-pernik banyak dijual kerajinan tangan dari material kayu hingga logam yang bisa Anda pilih. Khusus dekorasi meja makan, Anda bisa menggunakan centerpiece.

Centerpiece adalah berbagai ornamen dekoratif yang diletakkan di bagian tengah meja makan. Fungsi centerpiece adalah menghasilkan tampilan meja makan yang cantik dan memukau.

Beberapa hiasan dekoratif yang bisa Anda pilih, antara lain vas bunga berisi aneka jenis succulent, dan  lilin-lilin panjang yang ditata dalam tatakan lilin cantik.

Seiring perkembangan zaman, ruang makan semakin multifungsi. Sebagai area jamuan makan yang nyaman, sekaligus bagian dari etalase keindahan rumah. Cara penataannya harus bisa menjawab dua kebutuhan tersebut. Semoga tips kali ini bisa membantu Anda.

Leave a Comment