Cara Mudah Merawat Kursi Kayu Agar Tetap Awet dan Mengkilat

Dari beberapa bahan kursi untuk pilihan furnitur di rumah, kayu masih menjadi salah satu yang paling diminati banyak orang. Apalagi, saat ini sudah cukup banyak pilihan desain kursi berbahan kayu. Mulai dari yang klasik hingga modern minimalis. 

Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu bagaimana merawat kursi kayu dengan benar. Akibatnya, muncul jamur, rayap, hingga risiko retak. Padahal, merawat kursi kayu itu cukup mudah lho. Yuk simak bersama tips simpel merawat kursi kayu agar tetap awet dan kinclong.

Letakkan di Tempat Kering

Tips pertama yang cukup sederhana adalah memperhatikan posisi kursi kamu. Karena kursi kamu berbahan dasar kayu, sebaiknya pilih tempat kering dan hindari meletakkannya di tempat yang lembab. 

Tempat yang lembab menyebabkan jamur. Namun, jangan pula meletakkan kursi kayu di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung dan terus menerus. Hal ini mengakibatkan material kayu menjadi kering, retak, dan susut.

Gunakan Alas

Tips kedua agar kursi kayu selalu awet adalah menggunakan alas pada kaki kursi dan dudukan. Untuk kaki, gunakan tikar, kain, atau karpet sebagai alas agar kaki kursi tahan lebih lama serta tidak merusak permukaan lantai.

Nah untuk dudukannya, pilih bantalan yang bikin kamu nyaman saat duduk. Selain bikin lebih nyaman, bantal duduk ternyata juga bagus buat kesehatan, mulai dari memperlancar sirkulasi darah, menjaga postur tubuh, hingga mengurangi tekanan pada tulang belakang dan tulang ekor.

Membersihkan dan Mengeringkan Noda Air dengan Segera

Apabila kamu secara tidak sengaja menumpahkan air di atas permukaan kursi, maka langsung lap dan keringkan. Tumpahan air, terutama air dingin, atau noda bisa meninggalkan bekas pada kursi kayu apabila tidak segera dibersihkan.

Jika noda air terlanjur membekas pada permukaan kayu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa menggunakan campuran cuka dan minyak zaitun atau pasta gigi yang dioleskan pada kain.

Membersihkan Secara Rutin

Berbeda dengan furnitur dari plastik atau besi, perabot dari kayu memang membutuhkan perawatan secara khusus dan rutin. Bersihkan kursi kayu minimal satu kali dalam satu bulan. Jangan membersihkan permukaan kayu dengan air.

Belilah cairan khusus untuk permukaan kayu. Cairan pembersih khusus ini bisa dijumpai di toko mebel atau toko material. Namun apabila berdebu, cukup bersihkan dengan lap yang lembut, kering dan bersih.

Baca Juga : Ini 4 Model Kursi Rotan Murah yang Sesuai Tema Rumahmu

Melapisi Ulang Agar Kembali Mengkilat

Salah satu hal yang membuat kursi kayu tidak lagi terlihat menarik adalah karena warnanya yang berubah kusam. Untuk menyiasati hal ini, tentu diperlukan perawatan khusus yakni memberikan lapisan ulang pada kayu.

Walaupun terdengar repot, kamu tidak perlu terlalu sering melapisi ulang mebel kayu kok. Cukup dua atau tiga tahun sekali. Kamu bisa melapisi sendiri dengan membeli cat plitur atau meminta orang yang lebih ahli untuk melakukannya.

Kain Halus, Kuas, dan Sikat Gigi

Untuk membersihkan kursi kayu kamu, sebaiknya perhatikan juga bahan dari alat pembersih yang kamu gunakan. Lap kasar bisa menimbulkan goresan di kursi kayu. Gunakan kain halus yang bisa menyerap debu.

Nah untuk bagian yang sulit dijangkau atau sulit dibersihkan, gunakan kuas dan sikat gigi. Biasanya, kuas cocok untuk membersihkan kursi kayu dengan aksen ukiran.

Jangan Duduki Lengan Kursi

Walaupun terdengar remeh, menduduki lengan kursi menjadi kesalahan fatal yang sering dilakukan. Hal ini dikarenakan lengan kursi tidak didesain untuk menahan beban yang cukup berat. Kemungkinan besar kayu akan retak atau bahkan patah jika kebiasaan yang sama terus dilakukan.

Supaya daya tahan kursi kamu tidak berkurang, sebaiknya stop lakukan hal ini ya.

Manfaatkan Semir Sepatu

Nah selain disarankan melapisi permukaan kayu minim dua atau tiga tahun sekali, kamu pun bisa memanfaatkan semir sepatu untuk sementara waktu. Pilih semir sepatu dengan warna yang sama dengan kursi kayu.

Kemudian, oleskan pada pada bagian-bagian kayu yang retak sehingga retakan tidak lagi terlihat jelas. Hindarkan mebel kayu dari air hujan secara langsung.

Jangan Jadikan Kursi Kayu Sebagai Pijakan

Sering kali saat hendak mengganti lampu dan menjangkau tempat yang tinggi, kamu memanfaatkan kursi sebagai tempat berpijak. Namun, jangan gunakan kursi kayu ya.

Kursi kayu kamu mungkin tidak akan kuat menahan beban ketika kamu berdiri, sehingga risiko patah semakin tinggi. Itu tadi sembilan tips sederhana yang bisa kamu terapkan agar kursi kayu senantiasa awet, terlihat baru dan kinclong. Sebaiknya rawat kursi kayu kamu di rumah secara rutin karena furnitur dari kayu tidak pernah lekang oleh waktu.

Baca Juga : 5 Trik Memilih Kursi Sofa untuk Percantik Ruang Tamu

Leave a Comment